Jumat, 23 Oktober 2020

Laporan Capaian Triwulan III Tahun 2020

 051 Melakukan Pengelolaan dan Pemeliharaan Jaringan dan Sarana

  1. Pengadaan blade server, blade enclosure, Ethernet switch 10 GB dan Data Protection Appliance
  2. Pengadaan router, Wifi Access Point, Power Distribution Unit (PDU)
  3. Penambahan memori server blade
  4. Langganan lisensi : Cisco Meraki, VMware vSphere, VMWare vCenter, Fortigate, FortiAnalyzer, domain baru, akses Internet, co-location
  5. Migrasi blade server dan blade enclosure dari Sentul ke Thamrin untuk keperluan DRC
  6. Migrasi dan update mail server Zimbra dari domain lama menjadi domain baru
  7. Konfigurasi DNS Server domain baru, Virtual Machine, NMS (Network Monitoring System)
  8. Perawatan jaringan dan sarana Internet, Data Center

052 Melakukan Pengembangan E-government 

  1. Evaluasi SPBE 2020
  2. Draft Revisi Permen 62/2017 tentang Tata Kelola TI

053 Melakukan LPSE

  1. Pembuatan akun LPSE
  2. Layanan keluhan dan pengaduan pengguna

056 Melakukan Pengembangan Aplikasi dan Sistem Informasi 

  1. Pengelolaan Sistem Informasi e-office
  2. Pengelolaan Website Kementerian
  3. Pengelolaan Mail Server Zimbra
  4. Pengelolaan akun Tanda Tangan Elektronik (E-Sign)
  5. Membantu pengelolaan Website Pusdiklat
  6. Pengembangan modul penerimaan proposal IDEATHON
  7. Pengembangan Sistem Informasi Riset & Inovasi Konsorsium Covid19
  8. Pengembangan Dashboard Katalog Inovasi
  9. Update Website Pusdatin
  10. Pengelolaan Website PPID dan PPID Mobile
  11. Pengelolaan Sistem Informasi Hukor & JDIH
  12. upgrade php dari versi v5.x ke versi v7.x (website pusdiklat, Sidia dan website kementerian)

Rencana Bidang IASI pada Triwulan IV

  1. Langganan lisensi : VMware vSphere, VMWare vCenter
  2. Migrasi dan update mail server Zimbra dari domain lama ke domain baru
  3. Konfigurasi DNS Server domain baru, Virtual Machine, NMS (Network Monitoring System)
  4. Perawatan jaringan dan sarana Internet, Data Center
  5. Konfigurasi dan update security mail server Zimbra, VPN (Virtual Private Network)
  6. Update dan upgrade cloud storage, Web Hosting
  7. Persiapan Evaluasi SPBE 2021 berdasarkan Permenpanrb No. 59 Tahun 2020 tentang Pemantauan dan Evaluasi SPBE sebagai pengganti Permenpanrb No. 5 Tahun 2018 tentang Pedoman Evaluasi SPBE
  8. Draft Revisi Permen 62/2017 tentang Tata Kelola TI
  9. Pembuatan akun LPSE
  10. Layanan keluhan dan pengaduan pengguna
  11. Pengelolaan Sistem Informasi e-office
  12. Pengelolaan Website Kementerian dan Website English
  13. Pengelolaan Mail Server Zimbra dan anti spam nya (Proxmox Virtual Gateway)
  14. Pengelolaan akun Tanda Tangan Elektronik (E-Sign)
  15. Pengelolaan SSO
  16. Pengelolaan API/Web Service
  17. Pengembangan Dashboard Katalog Inovasi
  18. Update Website Pusdatin
  19. Upgrade php dari versi v5.x ke versi v7.x
  20. Dukungan Sistem Informasi : di Inovasi (Covid-19), BMN (PSP), JDIH, Keuangan (integrasi SISKA dan SAS, Pusdiklat

Rencana di atas disebabkan oleh, antara lain : 

  1. Lama pekerjaannya selama 1 tahun penuh, seperti perawatan dan pengelolaan
  2. SPJ belum selesai, belum realisasi
  3. Pekerjaan masih berlanjut, misal penambahan fitur, perbaikan bug, pekerjaan minor
Rencana kegiatan minggu III, 16 November 2020
  1. Dukungan penyelenggaraan UKOM, termasuk yang di Kualalumpur
  2. Migrasi server Zimbra termasuk anti spam dari vendor. Keputusan ini bisa menghemat sekitar 600jt per tahun
  3. Penyediaan server SSO (Single Sign On) -> Saran Kapus : membandingan konsep SSO, benchmarking termasuk ke Telkom University, dicoba di Pusdatin terlebih dahulu
  4. Server API -> Saran Kapus : dicoba di Pusdatin terlebih dahulu
  5. Persiapan data dukung indikator SPBE untuk tahun 2021 yang mengacu kepada Permenpanrb No. 59 Tahun 2020 tentang Pemantauan dan Evaluasi SPBE. Ada 32 indikator baru dari 47 indikator yang perlu disiapkan. Saran Kapus : dana?, benchmarking ke daerah sekaligus melihat data iptek daerah di Balitbangda/Brida
  6. Persiapan Sosialisasi atau Bimtek SSO dan API. Saran Kapus : konsolidasi internal Pusdatin
  7. Dukungan Konsorsium Covid-19 : pembuatan 3 hal, yaitu website, sistem Informasi/database, katalog sektoral produk inovasi
  8. Dukungan aplikasi LMS Pusdiklat
  9. Dukungan integrasi aplikasi SISKA dan SAS di BKU
  10. Dukungan aplikasi SIP BMN di BKU
  11. Dukungan aplikasi Contact Center / ULT di BKSKP
  12. Dukungan website English di BKSKP

Rencana kegiatan minggu IV, 23 November 2020
  1. Pembahasan dengan Pusat Manajemen Informasi BPPT terkait pengelolaan anti spam
  2. Telaah staf pengadaan 2 server untuk Contact Center BKSKP
  3. Pengadaan Co-location 2021
  4. Pengadaan Bandwdith Internet 2021
  5. Dukungan Rakernas di Ambarukmo Jogjakarta dari aspek infras, link zoom (2 link), dan backup EO di setiap ruangan
  6. Dukungan ubtuk ASEAN COSTI Workshop di Shangri-la untuk 24-25 November. Tambah 10 Mbps = Rp 25 jt
  7. Ikut pembahasan RENSTRA Pusdatin 2020 - 2024
Rencana Kegiatan minggu I, 1 Desember 2020
  1. Dukungan UKOM Dokter hewan
  2. Dukungan Anugerah Jurnalis BKSKP
  3. Dukungan pengadaan Contact Center
  4. Draf Permen Tata Kelola TIK
  5. Benchmarking integrasi data dan sistem informasi dengan LIPI, khususnya untuk aplikasi administrasi dan SSO
  6. Dukungan SI Diklat (LMS) di Pusdiklat. Akan mengadopsi aplikasi di BBPK Ciloto
  7. UP = 377,852 jt. DC = 78,5 jt, LAN = 59,4 jt, Meeting = 83,7 jt. Selisih 160 jt untuk kegiatan apa?

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda