Selasa, 25 Juli 2023

Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) 2023


1. Hasil Reviu dan Evaluasi Kebijakan Internal Arsitektur SPBE telah ditindaklanjuti dengan Penetapan Revisi Kebijakan Internal SPBE BRIN berupa Keputusan Kepala BRIN Nomor 171/I/HK/2023 Tahun 2023 tentang Penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik di Lingkungan BRIN. BAB 2 halaman 7 ( File 1A)

Berdasarkan bukti dukung terlampir tingkat kematangan Kebijakan Internal Arsitektur SPBE BRIN sudah memenuhi kematangan level 5

1A_Kepka_BRIN_No171IHK2023_tentang_Penyelengaraan_SPBE.pdf | 
1C_Laporan_Evaluasi_Kebijakan_Penyelenggaraan_SPBE.pdf | 
1B_Dokumentasi_Rapat_Evaluasi_Kebijakan_SPBE_BRIN.pdf | 
1D_Kepka_38-I-HK-2023_tentang_Tim_Penyusun_dan_Evaluasi_Kebi.pdf

2. Hasil Reviu dan Evaluasi Kebijakan Internal Peta Rencana SPBE telah ditindaklanjuti dengan Penetapan Revisi Kebijakan Internal SPBE BRIN berupa Keputusan Kepala BRIN Nomor 171/I/HK/2023 Tahun 2023 tentang Penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik di Lingkungan BRIN.  BAB II halaman 8. (2A)

Berdasarkan bukti dukung terlampir tingkat kematangan Kebijakan Peta Rencana SPBE BRIN sudah memenuhi kematangan level 5

2A_Kepka_BRIN_No171IHK2023_tentang_Penyelengaraan_SPBE.pdf | 
2C_Laporan_Evaluasi_Kebijakan_Penyelenggaraan_SPBE.pdf
2B_Dokumentasi_Rapat_Evaluasi_Kebijakan_SPBE_BRIN.pdf
2D_Kepka_38-I-HK-2023_tentang_Tim_Penyusun_dan_Evaluasi_Kebi.pdf

Hasil Reviu dan Evaluasi Kebijakan Internal Manajemen Data SPBE telah ditindaklanjuti dengan Penetapan Revisi Kebijakan Internal SPBE BRIN berupa Keputusan Kepala BRIN Nomor 171/I/HK/2023 Tahun 2023 tentang Penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik di Lingkungan BRIN, BAB III halaman 12 (3A)

Berdasarkan bukti dukung terlampir tingkat kematangan Kebijakan Internal Manajemen Data sudah memenuhi kematangan level 5

3A_Kepka_BRIN_No171IHK2023_tentang_Penyelengaraan_SPBE.pdf | 
3C_Laporan_Evaluasi_Kebijakan_Penyelenggaraan_SPBE.pdf | 
3B_Dokumentasi_Rapat_Evaluasi_Kebijakan_SPBE_BRIN.pdf | 
3D_Kepka_38-I-HK-2023_tentang_Tim_Penyusun_dan_Evaluasi_Kebi.pdf

Hasil Reviu dan Evaluasi Kebijakan Internal Pembangunan Aplikasi SPBE telah ditindaklanjuti dengan Penetapan Kebijakan Internal SPBE BRIN berupa Keputusan Kepala BRIN Nomor   171/I /HK/2023  Tahun 2023 tentang Penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik di Lingkungan BRIN. BAB II halaman 10 (File 4A)

Berdasarkan bukti dukung terlampir tingkat kematangan Kebijakan Internal siklus Pembangunan Aplikasi SPBE sudah memenuhi kematangan level 5

4A_Kepka_BRIN_No171IHK2023_tentang_Penyelengaraan_SPBE.pdf | 
4C_Laporan_Evaluasi_Kebijakan_Penyelenggaraan_SPBE.pdf | 
4B_Dokumentasi_Rapat_Evaluasi_Kebijakan_SPBE_BRIN.pdf | 
4D_Kepka_38-I-HK-2023_tentang_Tim_Penyusun_dan_Evaluasi_Kebi.pdf

Hasil Reviu dan Evaluasi Kebijakan Internal Layanan Pusat Data telah ditindaklanjuti dengan Penetapan Kebijakan Internal SPBE BRIN berupa Keputusan Kepala BRIN Nomor   171/I/ /HK/2023  Tahun 2023 tentang Penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik di Lingkungan BRIN, Bab II halaman 9. (File 5A)

5A_Kepka_BRIN_No171IHK2023_tentang_Penyelengaraan_SPBE.pdf
5C_Laporan_Evaluasi_Kebijakan_Penyelenggaraan_SPBE.pdf
5B_Dokumentasi_Rapat_Evaluasi_Kebijakan_SPBE_BRIN.pdf
5D_Kepka_38-I-HK-2023_tentang_Tim_Penyusun_dan_Evaluasi_Kebi.pdf

Hasil Reviu dan Evaluasi Kebijakan Internal terkait Layanan Jaringan Intra Instansi Pusat/Pemerintah Daerah telah ditindaklanjuti dengan Penetapan Kebijakan Internal SPBE BRIN berupa Keputusan Kepala BRIN Nomor  171/I/HK/2023  Tahun 2023 tentang Penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik di Lingkungan BRIN, BAB II halaman 9  (File 6A)

Berdasarkan bukti dukung terlampir tingkat kematangan Kebijakan Internal Layanan Jaringan Intra Instansi sudah memenuhi kematangan level 5

6A_Kepka_BRIN_No171IHK2023_tentang_Penyelengaraan_SPBE.pdf | 
6C_Laporan_Evaluasi_Kebijakan_Penyelenggaraan_SPBE.pdf | 
6B_Dokumentasi_Rapat_Evaluasi_Kebijakan_SPBE_BRIN.pdf | 
6D_Kepka_38-I-HK-2023_tentang_Tim_Penyusun_dan_Evaluasi_Kebi.pdf 

Hasil Reviu dan Evaluasi Kebijakan Internal terkait Sistem Penghubung Layanan telah ditindaklanjuti dengan Penetapan Kebijakan Internal SPBE BRIN berupa Keputusan Kepala BRIN Nomor 171/I/ /HK/2023  Tahun 2023 tentang Penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik di Lingkungan BRIN, BAB II Halaman 9 - 10 (7A)

Berdasarkan bukti dukung terlampir tingkat kematangan Kebijakan Internal Sistem Penghubung Layanan sudah memenuhi kematangan level 5

7C_Laporan_Evaluasi_Kebijakan_Penyelenggaraan_SPBE.pdf | 
7A_Kepka_BRIN_No171IHK2023_tentang_Penyelengaraan_SPBE.pdf | 
7B_Dokumentasi_Rapat_Evaluasi_Kebijakan_SPBE_BRIN.pdf | 
7D_Kepka_38-I-HK-2023_tentang_Tim_Penyusun_dan_Evaluasi_Kebi.pdf

Hasil Reviu dan Evaluasi internal Manajemen Keamanan Informasi telah ditindaklanjuti dengan Penetapan Revisi Kebijakan Internal SPBE BRIN berupa Keputusan Kepala BRIN Nomor 171/I/HK/2022 Tahun 2023 tentang Penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik di Lingkungan BRIN, BAB III halaman 12 (File 8A)

Berdasarkan bukti dukung terlampir tingkat kematangan Kebijakan Internal Manajemen Keamanan Informasi sudah memenuhi kematangan level 5

8A_Kepka_BRIN_No171IHK2023_tentang_Penyelengaraan_SPBE.pdf | 
8B_Dokumentasi_Rapat_Evaluasi_Kebijakan_SPBE_BRIN.pdf | 
8C_Laporan_Evaluasi_Kebijakan_Penyelenggaraan_SPBE.pdf | 
8D_Kepka_38-I-HK-2023_tentang_Tim_Penyusun_dan_Evaluasi_Kebi.pdf 

Hasil Reviu dan Evaluasi Kebijakan Internal terkait Audit TIK telah ditindaklanjuti dengan Penetapan Revisi Kebijakan Internal SPBE BRIN berupa Keputusan Kepala BRIN Nomor 171/I/HK/2022 Tahun 2023 tentang Penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik di Lingkungan BRIN, BAB IV, halaman 14 (File 9A)

Berdasarkan bukti dukung terlampir tingkat kematangan Kebijakan Internal Audit TIK sudah memenuhi kematangan level 5

9A_Kepka_BRIN_No171IHK2023_tentang_Penyelengaraan_SPBE.pdf | 
9B_Dokumentasi_Rapat_Evaluasi_Kebijakan_SPBE_BRIN.pdf | 
9C_Laporan_Evaluasi_Kebijakan_Penyelenggaraan_SPBE.pdf | 
9D_Kepka_38-I-HK-2023_tentang_Tim_Penyusun_dan_Evaluasi_Kebi.pdf 

Hasil Reviu dan Evaluasi Kebijakan Internal terkait Tim Koordinasi SPBE telah ditindaklanjuti dengan Penetapan Kebijakan Internal SPBE BRIN berupa Keputusan Kepala BRIN Nomor 171/I//HK/2023  Tahun 2023 tentang Penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik di Lingkungan BRIN, BAB V, halaman 15 (10A)

Berdasarkan bukti dukung terlampir tingkat kematangan Kebijakan Internal Tim Koordinasi sudah memenuhi kematangan level 5

10A_Kepka_BRIN_No171IHK2023_tentang_Penyelengaraan_SPBE.pdf | 
10B_Dokumentasi_Rapat_Evaluasi_Kebijakan_SPBE_BRIN.pdf | 
10C_Laporan_Evaluasi_Kebijakan_Penyelenggaraan_SPBE.pdf | 
10D_Kepka_38-I-HK-2023_tentang_Tim_Penyusun_dan_Evaluasi_Keb.pdf 

BRIN telah melakukan reviu dan evaluasi secara periodik terhadap dokumen Arsitektur SPBE yang telah ada oleh Tim yang dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Kepala BRIN No. 32/I/HK/2023 Tentang TIM PENYUSUN DAN EVALUASI ARSITEKTUR DAN PETA RENCANA SPBE BRIN yang dibuktikan pada dokumen no. 11B (11B Kepka No32IHK2023 Tim Arsitektur SPBE.pdf), dimana dokumentasinya berupa : Surat Undangan, Foto Kegiatan, Notulensi Rapat, dan Daftar Hadir Rapat ditunjukkan pada bukti no. 11C (11C Dokumentasi Rapat Evaluasi Arsitektur SPBE BRIN.pdf). 
Adapun hasil review dan evaluasi berupa LAPORAN
EVALUASI ARSITEKTUR SPBE BRIN 2022 - 2024 telah didokumentasikan pada bukti no. 11D (11D Laporan Evaluasi Arsitektur SPBE.pdf) dimana dokumen tersebut telah dilaporkan dan disahkan oleh Pejabat terkait. Dari data dukung yang disampaikan telah menggambarkan pelaksanaan evaluasi yang terpadu dan menyeluruh pada semua referensi dan domain Arsitektur SPBE dan sudah selaras dengan Arsitektur SPBE Nasional.

Berdasarkan dokumentasi tersebut dapat menunjukkan bahwa Arsitektur SPBE BRIN telah memenuhi tingkat kematangan level 4.

11B_Kepka_No32IHK2023_Tim_Arsitektur_SPBE.pdf
11C_Dokumentasi_Rapat_Evaluasi_Arsitektur_SPBE_BRIN.pdf
11D_Laporan_Evaluasi_Arsitektur_SPBE.pdf

Dokumen Peta Rencana SPBE BRIN telah mencakup seluruh muatan Peta Rencana SPBE Instansi Pusat/Pemerintah Daerah secara lengkap dan telah diterapkan secara konsisten melalui IKU, rencana kerja dan anggaran pada tahun 2022 dan 2023, karena BRIN baru berdiri akhir tahun 2021. (Bukti dukung file 12_a_1, 12B, 12C).  Peta Rencana SPBE BRIN telah dilakukan reviu dan evaluasi secara periodik dibuktikan dengan adanya SK Tim Evaluasi Arsitektur dan Peta Rencana serta dokumentasi rapat evaluasi dan laporan evaluasi Peta Rencana SPBE. (bukti dukung file 12D, 12E, 12F)

Berdasarkan dokumentasi tersebut dapat menunjukkan bahwa  Peta Rencana SPBE BRIN telah memenuhi tingkat kematangan level 4.

12D_Kepka_No_3:2023_Tim_Arsitektur_dan_Peta_Rencana_SPBE.pdf
12E_Dokumentasi_Rapat_Evaluasi_Peta_Rencana_SPBE.pdf
12B_Rencana_Anggaran_2022_-_2023.pdf
12C_IKU_2022_-_2023.pdf
12F_LaporanEvaluasiPetaRencanaSPBETahun2022.pdf

Seluruh Rencana dan Anggaran SPBE BRIN telah terpadu dan dapat dikendalikan oleh unit kerja yang menyelenggarakan tugas dan fungsi di bidang perencanaan dan keuangan dan berkoordinasi dengan unit kerja yang menyelenggarakan tugas dan fungsi di bidang data dan informasi sebagaimana diatur pada Kepka BRIN No.190/HK/2022 tahun 2022 yang telah direvisi menjadi Keputusan Kepala BRIN Nomor 171/I/HK/2023 Tahun 2023 tentang Penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik di Lingkungan BRIN tentang Penyelenggaraan SPBE di Lingkungan BRIN, BAB II halaman 8.  (13_a dan 13F)

Rencana dan Anggaran SPBE juga telah direviu dan dievaluasi secara periodik, sesuai dengan bukti dukung terlampir. (13G)

13D_Anggaran_SPBE_BRIN_2023.pdf
13E_RKS_SISTEM_ACCESS_POIN_TERINTEGRASI.pdf
13F_Kepka_BRIN_No171IHK2023_tentang_Penyelengaraan_SPBE.pdf
13G_Evaluasi_Anggaran_SPBE.pdf
13E1_Pengelolaan_Anggaran_Pemeliharaan_Perangkat_TIK_seluruh.pdf 

BRIN telah melakukan perbaikan Inovasi Proses Bisnis sebagai tindak lanjut hasil reviu dan evaluasi dan dilanjutkan dengan penerpan dalam perbaikan/upgrade sistem elektronik yang dimiliki hal ini terlampir pada bukti dukung dokumen Inovasi Probis BRIN Tahun 2023 (file 14I). Adapun Proses Bisnis yang dilakukan peningkatan terhadap sistem elektroniknya adalah Probis Layanan Pendanaan Riset dan Inovasi BRIN, Layanan Klirens Etik Riset BRIN, Pengajuan Cuti Pegawai BRIN. Dengan demikian maka Inovasi Proses Bisnis yang telah dilaksanakan di BRIN telah memenuhi level 5.

14E_Kepka_No300IHK20221_Peta_Probispdf.pdf | 
14F_Pedoman_Tauval_Probis.pdf | 
14G_Dokumentasi_Rapat_Evaluasi_Probis.pdf | 
14H_Laporan_Hasil_Evaluasi_Proses_Bisnis.pdf | 
14I_Inovasi_Proses_Bisnis_BRIN_Tahun_2023.pdf |

Proses Reviu dan Evaluasi telah dilakukan tindak lanjut antara lain dengan dilakukan Penyusunan SOP Persiapan Pengembangan dan Pembangunan Sistem Informasi dan SOP Pelaksanaan Pengembangan dan Pembangunan Sistem Informasi (File 15I).  Aplikasi SPBE juga telah dikembangkan secara optimal untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi terhadap perubahan lingkungan, teknologi, dan kebutuhan BRIN sebagai tindak lanjut hasil reviu dan evaluasi sebagai contoh Aplikasi Pendanaan Riset dan Inovasi. Hal ini dibuktikan dengan data dukung pada  
( file 15J )

15E_Klirens_Sistem_Informasi.pdf | 
15I_SOP_Pembangunan_dan_Pengembangan_Sistem_Informasi.pdf | 
15J_Evaluasi_dan_Tindaklanjut_Pengembangan_Aplikasi.pdf | 
15F_Laporan_Pelaksanaan_Pengembangan_Aplikasi.pdf | 
15G_Evaluasi_Pengembangan_Fitur_Aplikasi.pdf | 
15H_Laporan_Evaluasi_Audit_Aplikasi_SPBE.pdf |

Layanan Pusat data BRIN telah dilakukan perbaikan atau peningkatan sebagai tindak lanjut hasil reviu, evaluasi dan rekomendasi yang dibuktikan dengan re-engineering Backhaul Internet BRIN sesuai lampiran ( file 16J ) . Selain itu hal ini dibuktikan pula dengan masih dimilikinya predikat sertifikasi ISO 27001, ISO 20000, ISO 14001. (16B, 16C, 16D)
16A_Pemanfaatan_Pusat_Data_oleh_seluruh_Satker1.pdf | 
16B_IS_605624_ISO_270011.pdf | 
16C_ISO_20000-1_2018_exp_20231.pdf | 
16D_ISO_14001_ICON_20211.pdf | 
16E_Sertifikasi_DC_Tier_III2.pdf | 
16F_Periodic_Meeting_Aktivasi_BRIN_29_Maret.pdf | 
16G_Periodic_Meeting_Aktivasi_BRIN_31_Maret_2023.pdf | 
16H_Periodic_Meeting_Aktivasi_BRIN_17_April_2023.pdf | 
16I_Review_Performance_Report_BRIN_Mei_2023.pdf | 
16J_Workaround_Re-Engineering_Backhaul_Internet_BRIN_v01.pdf 
Hasil reviu dan evaluasi Layanan Jaringan Intra Instansi telah ditindaklanjuti dengan melakukan perbaikan terhadap Layanan Jaringan Intra Instansi sebagai contoh terkait kejadian pada Lokasi BRIN area Bogor seperti Rumpin, Tarogong, dan Rancabungur diharapkan gangguannya tidak berulang (File 17F), hal ini sudah ditindaklanjuti dimana bukti dukung telah disebutkan pada Notulen Rapat Evaluasi selanjutnya (file 17G) yang disebutkan bahwa, "Pihak BRIN menilai layanan Icon Plus telah membaik, terutama dengan berkurangnya issue gangguan di area Bogor".
17A_Tabel_Spesifikasi_Jaringan.pdf | 
17B_Screenshot_Aplikasi_Monitoring_Jaringan.pdf | 
17C_Laporan_SLA_Januari_2023.pdf | 
17D_Laporan_SLA_Februari_2023.pdf | 
17E_Laporan_SLA_Maret_2023.pdf | 
17F_Performa_Review_SLA_Januari_2023.pdf | 
17G_Performance_SLA_Februari_2023.pdf | 
Sistem penghubung layanan BRIN telah terintegrasi dengan SPLP Nasional dan instansi pemerintah lain seperti dengan Aplikasi Simphoni Kemenkeu, Aplikasi BKN, Aplikasi Sipongi Kemenhut dan Aplikasi BMKG. Sistem Penghubung Layanan BRIN juga telah dilakukan pemantauan/reviu sebagaimana bukti dukung terlampir.(18_a, 18D, 18E)
18D_Notulen_Evaluasi_SPLP.pdf | 
18_a_-_Dokumentasi_SPLP_pada_unit_kerja_BRIN_update.pdf | 
18E_PENERAPAN_SPLP_BRIN_PADA_SPLP_NASIONAL.pdf |
Hasil reviu dan evaluasi tugas/program kerja Tim Koordinasi SPBE BRIN telah ditindaklanjuti melalui perbaikan tugas/program kerja Tim Koordinasi SPBE,  SK Tim Koordinasi SPBE Tahun 2023 (File 19H) 
19D_Program_Kerja_Tim_Koordinasi_2023.pdf | 
19e_Dokumentasi_kegiatan_Tim_Koordinasi.pdf | 
19E_Laporan_progres_program_kerja_tim_koordinasi_2023.pdf | 
19F_Laporan_rapat_Tim_Koordinasi_pdf.pdf | 
19G_Laporan_evaluasi_program_kerja_tim_koordinasi_2022.pdf | 
19H_SK_No31IHK2023_tentang_Tim_Koordinasi_SPBE.pdf 
Kolabaorasi dengan melibatkan seluruh unit kerja dilingkungan BRIN dilakukan dalam mendukung kegiatan Satu Data Indonesia, dimana BRIN termasuk dalam anggota Forum Satu Data Indonesia, sebagaimana bukti dukung terlampir (File 20E). Penerapan Kolaborasi telah dilakukan reviu dan evaluasi sebagaimana terlampir pada bukti dukung (File 20F dan 20G)
20D_Kegiatan_Tim_Koordinasi_SPBE_Nasional.pdf | 
20E_Kolaborasi_Forum_SDI.pdf | 
20C_Kolaborasi_Manajemen_Risiko_SPBE.pdf | 
20F_Evaluasi_Persiapan_Data_Prioritas_SDI_BRIN.pdf | 
20B_Kolaborasi_Audit_Internal_SPBE.pdf | 
20A_Program_Kerja_Tim_Koordinasi_2023.pdf | 
20G_Evaluasi_Data_Prioritas_Nasional_BRIN_-_BAPPENAS.pdf 
Hasil reviu dan evaluasi Manajemen Risiko SPBE sudah ditindaklanjuti melalui perbaikan penerapan Manajemen Risiko SPBE, berupa telah di terbitkanya SOP Penyusunan Daftar Risiko, SOP Evaluasi Daftar Risiko, Formulir Mitigasi Risiko MR BRIN SPBE 2023 dan Profil Risiko MR BRIN_SPBE 2023  ( File 21H, 21I, 21K, 21L)
21D_Pedoman_Manajemen_Risiko_SPBE_BRIN.pdf | 
21F_Laporan_Evaluasi_Manajemen_Risiko_SPBE_BRIN.pdf | 
21H_SOP_Penyusunan_Daftar_Risiko.pdf | 
21I_SOP_Evaluasi_Daftar_Risiko.pdf | 
21E_Penerapan_Manajemen_Risiko_SPBE_satuan_Kerja_BRIN1.pdf | 
21G_Laporan_Pemantaun_Risiko_2022.pdf | 
21K_FormulirMitigasiRisikoSPBE_2023.pdf | 
21L_FormulirProfildanPetaRisikoSPBE_2023.pdf | 
21J_FormulirEvaluasiPenilaianRisikoSPBETahun2023.pdf |
Kegiatan Hasil reviu dan evaluasi pengendalian Keamanan Informasi telah ditindaklanjuti melalui perbaikan penerapan proses pengendalian Keamanan Informasi, dengan diterbitkannya :
a. Pedoman Manajemen Keamanan Informasi SPBE Tahun 2023 (File 22G)
b. Kepka Tim CSIRT Tahun 2023 (File 22J)
22G_Pedoman_Manajemen_Keamanan_Informasi_SPBE_2023.pdf | 
22H_Dokumen_Evaluasi_Manajemen_Keamanan_Informasi_SPBE.pdf | 
22I_Laporan_Ciber_Security_Maturity.pdf | 
22J_Keputusan_Kepala_BRIN_No46I0HK2023_tentang_Tim_CSIRT.pdf | 
22K_Laporan_Evaluasi_Penyelenggaraan_CSIRT.pdf | 
22L_Undangan_Exit_Meeting_Satgas_Perlindungan_Data.pdf | 
22F_Bukti_dukung_penerapan_sistem_keamanan_informasi_2023.pdf
Hasil Evaluasi Manajemen Data SPBE telah ditindaklanjuti melalui perbaikan penerapan Manajemen Data dengan ditetapkannya SOP Pengolahan Dashboard Manajemen Data (File 20K) 
23D_Kontribusi_dan_Upaya_BRIN_dalam_SDI1.pdf | 
23E_Penerapan_Kode_Referensi1.pdf | 
23F_Penyusunan_Standar_Data1.pdf | 
23H_Kepka_No_168-I-HK-2023_tentang_walidata_dan_produsen_dat.pdf | 
23I_Peraturan_No_18_2022_tentang_Wajib_Serah_Wajib_Simpan.pdf | 
23J_Dokumen_Evaluasi_Penerapan_Manajemen_Data.pdf | 
23K_SOP_Pengolahan_Dashboard_Manajemen_Data.pdf | 
23G_Penerapan_Interoperabilitas_Data.pdf | 
23L_Daftar_Data_Prioritas_BRIN_2022.pdf | 
a. Pedoman Manajemen Aset TIK BRIN (24_a)
b. SOP_PROSES_PERENCANAAN_DAN_PENGANGGARAN_ASET_TIK (24_b_1_)
c. SOP_PROSES_UTAMA_PENGADAAN_ASET_SPBE (24_b_2)
d. SOP_PROSES_PENGGUNA_ASET_TIK (24_b_3)
e. SOP_PROSES_PENGHAPUSAN_ASET_TIK (24_b_4)
c. Penerapan Manajemen Aset
    - Perencanaan : Daftar Rencana Pengadaan Aset TIK pada Aplikasi SIRUP (24D, 24D1) 
    - Pengadaan : Proses Pengadaan Aset TIK pada aplikasi SPBE (24E)
    - Penggunaan : Daftar Aset TIK pada aplikasi GLPI (24_c, 24F)
    - Penghapusan : Proses Penghapusan Aset TIK (24G)
24D_Rencana_Pengadaan_Aset_TIK.pdf | 
24E_Proses_Pengadaan_Aset_TIK.pdf | 
24F_Daftar_Aset_TIK_2023.pdf | 
24D1_RKS_SISTEM_ACCESS_POIN_TERINTEGRASI.pdf | 
24G_Proses_Penghapusan_Aset.pdf 
Kegiatan Manajemen Kompetensi SDM SPBE hasil reviu dan evaluasi telah ditindaklanjuti melalui perbaikan perencanaan dan pemenuhan kompetensi Sumber Daya Manusia SPBE berupa penetapan :
a. Formulir Assessment & Analisa GAP Kompetensi 2023 (25L)
b. Formulir Matrik SDM Kompetensi SPBE 2023 (25M)
c. Formulir Jadwal Pelatihan KOmpetensi SDM SPBE 2023 (25N)
c. SOP Pemetaan Kompetensi SDM SPBE (25O)
d. SOP Peningkatan Kompetensi SDM SPBE (25P)
25E_Analisa_Jabatan_SDM_SPBE.pdf | 
25F_ABK_JF_Prakom_di_BRIN.pdf | 
25G_Perencanaan_Formasi_JFPrakom.pdf | 
25I_Laporan_Analisis_Kebutuhan_Pengembangan_Kompetensi_Pusda.pdf | 
25J_SK_Penempatan_ASN_di_lingkungan_BRIN_2023.pdf | 
25K_Dokumentasi_Evaluasi_Penerapan_Kompetensi_SDM_SPBE.pdf | 
25H_Rekap_Pengembangan_Kompetensi_Pusdatin_2023.pdf | 
25L_FormulirMatrikSDMKompetensiSPBE.pdf | 
25M_FormulirAssessmentAnalisaGAPKompetensi.pdf | 
25N_FormulirJadwalPelatihanKompetensiSDMSPBE.pdf | 
25O_SOP_Pemetaan_Kompetensi_SDM_SPBE.pdf | 
25P_SOP_Peningkatan_Kompetensi_SDM_SPBE.pdf | 
25K-1_Evaluasi_Kompetensi_SDM.pdf
Semua unit kerja dilingkungan BRIN telah menerapkan Manajemen Pengetahuan SPBE dengan menggunakan sistem aplikasi manajemen pengetahuan yang terintegrasi Intra BRIN dengan menggunakan Login SSO serta telah dilakukan reviu dan evaluasi terhadap penerapan Manajemen Pengetahuan SPBE (File 26D)
26D_Dokumen_Pembahasan_Regulasi_dan_Evaluasi_Manajemen_Penge.pdf | 
26C_Penerapan_Manajemen_Pengetahuan.pdf
Hasil reviu dan evaluasi Manajemen Perubahan telah ditindaklanjuti melalui perbaikan Manajemen Perubahan dengan menetapkan dokumen Pedoman Manajemen Perubahan SPBE BRIN 2023 (27G) dan SOP Pengelolaan Perubahan revisi1 (27H)
27E_Log_Pengelolaan_Perubahan_SPBE.pdf | 
27G_Pedoman_Manajemen_Perubahan_2023.pdf | 
27F_Dokumentasi_dan_Laporan_Evaluasi_Manajemen_Perubahan.pdf | 
27H_SOP_Pengelolaan_Perubahan_revisi.pdf | 
27D_Formulir_Manajemen_Perubahan_SPBE_BRIN_2023.pdf 
Tindaklanjut perbaikan Manajemen layanan SPBE telah dilakukan, dibuktikan dengan adanya penetapan dokumen :
1. Pedoman Manajemen Layanan SPBE 2023 (28F)
2. SOP Permintaan Layanan rev1 (28G)
3. SOP Pengelolaan Perubahan rev 1 (28H)
3. SOP Persiapan  Pembangunan dan Pengembangan Sistem Informasi (28J)
4. SOP Pelaksanaan Pembangunan dan Pengembangan Sistem Informasi (28K)
28F_Pedoman_Manajemen_Layanan_SPBE_2023.pdf | 
28G_SOP_Permintaan_Layanan_rev_1.pdf | 
28H_SOP_Pengelolaan_Perubahan_rev_1.pdf | 
28I_SOP_Pengelolaan_Keluhan_Pengguna_revi_1.pdf | 
28J_SOP_Persiapan_Pembangunan_dan_Pengembangan_SI.pdf | 
28K_SOP_Pelaksanaan_Pembangunan_dan_Pengembangan_SI.pdf | 
28L_Penerapan_Permintaan_Layanan_dan_Pengelolaan_Insiden.pdf | 
28M_Penerapan_Pengelolaan_Perubahan.pdf | 
28N_Sosialisasi_BRINITA.pdf | 
28O_Laporan_Layanan_TI_2022-Helpdesk.pdf | 
28P_Notulen_dan_Laporan_Evaluasi_Manajemen_Layanan.pdf
Kegiatan Audit Internal Infrastruktur SPBE dilaksanakan sesuai dengan pedoman Audit TIK BRIN, Adapun bukti dukung pelaksanaan Audit Infrastruktur sbb :
a. Pedoman Audit TIK BRIN (29_a3)
b. SK Tim Audit TIK (29_a2)
b. Undangan persiapan dan kegiatan Audit SPBE (29_b1 dan 29_b2)
c. Laporan Audit Infrastuktur JIP, Pusat Data dam  SPLP (29C1, 29C2 dan 29C3)
d. Laporan Evaluasi Audit Internal TIK 2022 (29D)
d. Dokumen Persiapan Audit TIK 2023 (29E)
29C1_LAPORAN_AUDIT_JIP_FINAL-3.pdf | 
29C2_LAPORAN_AUDIT_PUSAT_DATA_FINAL-4.pdf | 
29C3_LAPORAN_AUDIT_SPLP_FINAL-3.pdf | 
29D_Dokumentasi_Evaluasi_Audit_Internal_TIK_2022.pdf | 
29E_Dokumentasi_Persiapan_Audit_Internal_TIK_2023.pdf | 
29A_LaporanEvaluasiPetaRencanaSPBETahun2022.pdf |
Kegiatan Audit Internal Aplikasi SPBE dilaksanakan sesuai dengan pedoman Audit TIK BRIN, Adapun bukti dukung pelaksanaan Audit Aplikasi SPBE sbb :
a. Pedoman Audit TIK BRIN (30_a3)
b. SK Tim Audit TIK (30_a2)
b. Undangan persiapan dan kegiatan Audit SPBE (30_b1 dan 30_b2)
c. Laporan Audit Aplikasi ELSA (30C)
d. Laporan Evaluasi Audit Internal TIK 2022 (30D)
d. Dokumen Persiapan Audit TIK 2023 (30E)
30C_LAPORAN_KEGIATAN_AUDIT_APLIKASI_FINAL-3.pdf | 
30D_Dokumentasi_Evaluasi_Audit_Internal_TIK_2022.pdf | 
30E_Dokumentasi_Persiapan_Audit_Internal_TIK_2023.pdf | 
30A_LaporanEvaluasiPetaRencanaSPBETahun2022.pdf 
Kegiatan Audit Internal Keamanan SPBE dilaksanakan sesuai dengan pedoman Audit TIK BRIN, Adapun bukti dukung pelaksanaan Audit Keamanan sbb :
a. Pedoman Audit TIK BRIN (31_a3)
b. SK Tim Audit TIK (31_a2)
b. Undangan persiapan dan kegiatan Audit SPBE (31_b1 dan 31_b2)
c. Laporan Audit Keamanan Aplikasi ELSA dan Pusat Data  (31C1, dan 31C2 )
d. Laporan Evaluasi Audit Internal TIK 2022 (31D)
d. Dokumen Persiapan Audit TIK 2023 (31E)
31C1_LAPORAN_AUDIT_KEAMANAN_ELSA-3.pdf | 
31C2_LAPORAN_AUDIT_KEAMANAN_PUSAT_DATA_FINAL-4.pdf | 
31D_Dokumentasi_Evaluasi_Audit_Internal_TIK_2022.pdf | 
31E_Dokumentasi_Persiapan_Audit_Internal_TIK_2023.pdf | 
31A_LaporanEvaluasiPetaRencanaSPBETahun2022.pdf |
Layanan Perencanaan telah dilakukan perbaikan sesuai perubahan lingkungan, peraturan perundangundangan dan teknologi. Pada Maret 2023 Kementerian Keuangan bersama dengan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) meluncurkan modul sinkronisasi Krisna Renja-Sakti. Berpadunya dua aplikasi ini menyederhanakan 13 kali prosedur yang digunakan terkait birokrasi alokasi anggaran menjadi 8 prosedur.
Seara internal BRIN juga telah meningkatkan kualitas Layanan Perencanaan dengan menerbitkan :
1. SOP Penyusunan Rencana Kerja Anggaran RKAKL Pagu Anggaran Indikatif (32A
2. SOP Penyusunan Rencana Kerja Anggaran RKAKL Pagu Anggaran Definitif (32B)
32_Layanan_Perencanaan_SPBE.pdf | 
32A_SOP_Penyusunan_Rencana_Kerja_Anggaran_RKAKL_Pagu_Anggara.pdf | 
32B_SOP_Penyusunan_Rencana_Kerja_Anggaran_RKAKL_Pagu_Anggara.pdf 
SAKTI adalah Aplikasi yang akan mengintegrasikan seluruh aplikasi penganggaran  yang digunakan satker yaitu mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga pertanggungjawaban anggaran dimana menerapkan konsep single database dan dilakukan secara sistem elektronik. Berbagai modul yang ada di SAKTI meliputi Modul Penganggaran, Modul Komitmen, Modul Pembayaran, Modul Bendahara, Modul Persediaan, Modul Aset Tetap, Modul Pelaporan, Modul Administrator. Aplikasi SAKTI-Web merupakan integrasi dari berbagai aplikasi yang selama ini digunakan oleh Satuan Kerja (satker) dengan berbasis pada penggunaan website sebagai basis pengerjaan datanya. Saat ini, implementasi SAKTI berbasis web telah digunakan pada seluruh satuan kerja BRIN. Gambaran fitur kolaborasi SAKTI sebagaimana terlampir pada bukti dukung 33_Layanan Penganggaran_update.pdf.
33_Layanan_Penganggaran_update.pdf
Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI) telah mengintegrasikan seluruh aplikasi yang digunakan satker yaitu mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga pertanggungjawaban anggaran yang menerapkan konsep single database dan dilakukan secara sistem elektronik. Berbagai modul yang ada di SAKTI meliputi Modul Penganggaran, Modul Komitmen, Modul Pembayaran, Modul Bendahara, Modul Persediaan, Modul Aset Tetap, Modul Pelaporan, Modul Administrator. Aplikasi SAKTI-Web merupakan integrasi dari berbagai aplikasi yang selama ini digunakan oleh Satuan Kerja (satker) dengan berbasis pada penggunaan website sebagai basis pengerjaan datanya. Saat ini, implementasi SAKTI berbasis web telah digunakan pada seluruh satuan kerja kementerian/ lembaga. Gambaran kolaborasi aplikasi Sakti dengan OMSPAN, Krisna, dan Satu DJA dapat dilihat pada data dukung terlampir 34a_layanan keuangan_update.pdf dan 34b_Juknis SAKTI WEB.pdf. 
34_Layanan_Keuangan_update.pdf
"Level 5:
Hasil Reviu dan Evaluasi Layanan ""Layanan Pengadaan Barang dan Jasa"" SPBE (atas isu/permasalahan) telah ditindaklanjuti dengan Penetapan Rekomendasi Usulan perbaikan SPBE BRIN.
Bukti-dukung:
 1. Adanya data baru untuk bahan review/menilai kinerja aplikasi ""Layanan Pengadaan Barang dan Jasa"", berupa perubahan:
    a. Teknologi sebagai solusi baru, atau 
    b. Kebutuhan Instansi (feedback user, analisis bisnis dan operasional dari Tata-laksana, dll).
2. Berdasarkan hasil ""Konsiyering tanggal 20-21 Juli 2023""
    a. Hasil analisis:
    Berdasarkan data dari hasil konsinyering, diidentifikasi bbrp isu/masalah dalam proses pengadaan di BRIN:
      1). Proses penunjang aplikasi LPSE masih manual sehingga menyulitkan dokumentasi/perekaman;
      2). Sulitnya memantau proses yg sedang berjalan, visiblitas rendah;
      3). Sulitnya mensinkronkan perencanaan pengadaan dengan anggaran
     Analisis;
     "Digitalisasi proses pengadaan dapat membantu mengatasi bbrp isu tersebut, melalui aplikasi tambahan yang menunjang aplikasi LPSE sehingga dapat mempermudah pekerjaan pengadaan barang dan jasa"
    b. Rekomendasi: "Perlu dibuat 'Sistem Aplikasi Pengadaan' (SIAP) di Lingkungan BRIN terkait Integrasi "Sistem Informasi Pengadaan Barang/Jasa"" dengan "Sistem Pengadaan Secara Elektronik" (SPSE)
 3. Proses Review telah dijalankan (bukti aktivitas evaluasi yg berkesinambungan: undangan rapat, notulensi). Mulai dr analisis atas data yg ada, identifikasi isu/masalah yang timbul dan rekomendasi solusinya untuk perbaikan yg aktual, berupa:
    a. Pengembangan sistem baru: Bukti No. 35A "Undangan Peserta Finalisasi SIAPBRIN.pdf" dan Bukti 35.A "Notulen Harris Vertue Harmoni 20 Juli 2022 -21 Juli 2022"
 4. Hasil review telah ditindaklanjuti untuk perbaikan : https://siap.brin.go.id/"
35_Layanan_Pengadaan_update.pdf | 
35A_Pengembangan_Layanan_Pengadaan.pdf
Layanan Kepegawaian BRIN telah dilakukan perbaikan berdasarkan hasil reviu dan evaluasi sesuai dengan kebutuhan organisasi, sebagaimana dibuktikan dengan data dukung file 36G
36F_Undangan-Rapat-BKN-ke-Tim-Teknis-30-Maret-2023-ds.pdf | 
36G_Evaluasi_dan_pengembangan_Fitur_SIMPEG.pdf |
Layanan Kearsipan Dinamis Berbasis Elektronik BRIN terus dilakukan perbaikan,untuk kebutuhan komunikasi persuratan antar Instansi, BRIN  memanfaatkan aplikasi SRIKANDI, sebagaimana bukti dukung terlampir (37B)
37B_Penerapan_Aplikasi_Srikandi.pdf 

Aplikasi SAKTI memiliki interkoneksi dengan Aplikasi SIMAN terdapat menu singkronisasi data antara SAKTI dan SIMAN.  Layanan lain seperti aplikasi Krisna dan Satu DJA juga terintegrasi dengan SAKTI. SAKTI mengintegrasikan seluruh aplikasi yang digunakan satker yaitu mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga pertanggungjawaban anggaran yang menerapkan konsep single database dan dilakukan secara sistem elektronik. Berbagai modul yang ada di SAKTI meliputi Modul Penganggaran, Modul Komitmen, Modul Pembayaran, Modul Bendahara, Modul Persediaan, Modul Pelaporan, Modul Administrator termasuk Modul Aset Tetap untuk pengelolaan BMN.

38_Layanan_Pengelolaan_BMN_update_level_4.pdf 
Untuk Layanan pengawasan internal BRIN menggunakan aplikasi berbagi pakai dari BPKP yaitu Aplikasi Reviu Penyerapan Anggaran dan PBJ, dimana aplikasi ini telah memiliki fitur transaksional seperti fitur validasi sebagaimana bukti dukung terlampir. (39_a, 39_b, 39_c)
-
Aplikasi e-Monev merupakan aplikasi pelaporan kinerja data realisasi hasil pemanatauan pelaksanaan rencana pembangunan tahun berjalan. Aplikasi e-Monev berfungsi sebagai alat pemantauan berjenjang dengan satuan kerja (Satker) sebagai ujung tombak penyedia data realisasi. Level KL/Biro Perencanaan, UKE-I, dan UKE-II dapat memanfaatkan data pemantauan satker di level komponen untuk menetapkan realisasi di level output serta infikator-indikator kinerjanya. Aplikasi e-Monev telah memiliki layanan kolaborasi yaitu integrasi data dengan aplikasi KRISNA untuk mengambil data Output, Sub Output dan Komponen.  Aplikasi SMART juga telah memiliki interkoneksi dengan Aplikasi OMSPAN terkait Data Nilai Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA), sebagaimana data dukung terlampir.

40_Aplikasi_e-Monev.pdf | 
40_Kegiatan_Pemanfaatan_e-_Monev.pdf 
Layanan Kinerja Pegawai Berbasis Elektronik terus dilakukan evaluasi dan Perbaikan sebagaimana data dukung terlampir, adapun fitur yang dikembangkan tahun 2023 adalah :
a. Fitur KKM
b. Modul Tugas Belajar ditambahkan jenis tugas belajar : dbr, ijin belajar, magang industri,
c. Update Modul SKP Saya
d. Update Modul RHK
e. Modul View Activity Log
f. Model evaluasi periodik SKP
g. PErbaikan Modul Cetak DS
h. Modul Monev
i. Modul Dokumentasi - Arsip Kerja

41F_Evaluasi_dan_Pebaikan_SIMARIN.pdf

Layanan Pengaduan Pelayanan Publik Berbasis Elektronik  BRIN terus dilakukan perbaikan berdasarkan hasil evaluasi salah satunya adalah dengan pemanfaatan teknologi kecerdasan artificial untuk Layanan Helpdesk yang diberi nama RIISKA BRIN (Riset Inovasi Indonesia Berbasis Kecerdasan Artificial). (File 42 halaman 4). Adapun Bukti dukung laporan evaluasi Layanan Pengaduan Publik terdapat pada file 42G.

42E_Bukti_Upload_Download.pdf | 
42F_Screenshot_fitur_approval_persetujuan_valudasi.pdf | 
42G_LAPORAN_Rapat_Evaluasi_Standar_Kepatuhan_Pelayanan_Publi.pdf | 

Aplikasi RIN terus dilakukan perbaikan berdasarkan hasil reviu dan evaluasi terhadap perubahan lingkungan, peraturan perundang-undangan, teknologi atau kebutuhan Instansi Pusat salah satunya  dengan melakukan upgrading Dataverse Version. RIN juga telah memiliki fitur Helpdesk sebagaimana data dukung terlampir. (43A, 43B, 43C, 43D, 43E)

43B__Rencana_Pengembangan_RIN_Infrastructure_.pdf | 
43C__Update_RIN_Logbook.pdf | 
43D_RIN_Dashboard.pdf | 
43E_Migrasi_Data_RIN.pdf | 
43A__Evaluasi_dan_Perbaikan_RIN.pdf 

Layanan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Berbasis Elektronik BRIN telah dilakukan evaluasi dan tindaklanjut perbaikan diataranya pengembangan fitur helpdesk, sebagaimana dibuktikan dengan data dukung terlampir File 44A.

44_Capture_Evidence_JDIH_BRIN_update.pdf | 
44A_Evaluasi_dan_Pengembangan_JDIH.pdf 

Layanan ELSA terus dilakukan perbaikan berdasarkan hasil reviu dan evaluasi terhadap perubahan lingkungan, kebutuhan Instansi dengan bukti dokumen evaluasi pada file 45H. ELSA juga telah memiliki fitur Helpdesk sebagaimana terlampir pada data dukung file 45I. 

Pada Tahun 2023 terdapat pengembangan fitur seperti :
a. Update Referensi Waktu Pengajuan & Materi Pengantar MBKM
b. Update Generate Sertifikat Pengantar MBKM
c. Penambahan Nilai Interval IKM - Pengelola Pusat
d. Penambahan Field Pengajuan MBKM
e. Penambahan Grafik Nilai IKM per Laboratorium -Pengelola Pusat
f. Update Penambahan Field Convert Excel MBKM
g. Update Api Billing Simponi - Klirens Etik
h. Update Sync Data Pegawai Pensiun - Nonaktif Akun Elsapoin
i. Update Elsa Poin Sesuai SK B-2392/II.6/HK.01.00/5/2023
j. Update Nonaktif Tanda Terima Sampel - Pelaksana
j. Update Tambah Fitur Data Sampel - Penyelia
l. Update Penyelia Verifikasi Sampel

45F_Update_ELSA_Januari_2023-1.pdf | 
45G_Update_ELSA_Februari_-_Juli_2023.pdf | 
45H_Dokumentasi_Evaluasi_Pengembangan_Aplikasi.pdf | 
45I_Fitur_Helpdesk_ELSA.pdf

Fungsi aplikasi Layanan Pendanaan Riset dan Inovasi selalu ditingkatkan , sebagai tindaklanjut dari hasil reviu dan evaluasi layanan seperti contoh permintaan penambahan fitur untuk pengusul WNA. Layanan Pendanaan Riset dan Inovasi juga telah terintegrasi pada Mall Pelayanan Publik BRIN dimana di dalamnya juga telah terdapat fitur Helpdesk yang menggunakan teknologi Artificial Inteligence dengan nama RIISKA BRIN, sebagaimana  digambarkan pada data dukung terlampir. (File 46E, dan 46F )

46A_fitur_pencarian_unggah_unduh.pdf | 
46B_fitur_kemajuan_status.pdf | 
46C_Fitur_sistem_aplikasi_dapat_berbagi_pakai_sumber_data.pdf | 
46D_Fitur_integrasi_dengan_aplikasi_LPDP.pdf | 
46E_Evaluasi_dan_Tindaklanjut_Pengembangan_Aplikasi.pdf | 
46F_Pendanaan_RIsnov_-_MPP.pdf

Layanan Klirens Etik telah dilakukan perbaikan berdasarkan hasil reviu dan evaluasi (bukti dukung evaluasi pada File 47D), untuk peningkatan fitur KLirens Etik yaitu adanya penambahan dashboard pada halaman beranda pengusul dimana sebelumnya fitur ini belum tersedia. Layanan Klirens Etik juga telah terintegrasi pada Mall PElayanan Publik BRIN dimana di dalamnya juga telah terdapat fitur Helpdesk yang menggunakan teknologi Artificial Inteligence dengan nama RIISKA BRIN, sebagaimana  digambarkan pada data dukung terlampir (File 47E)

47A_Fitur_search,_download_upload.pdf | 
47B_Klirens_Etik_Fitur_Transaksional.pdf | 
47C_Klirens_Etik_fitur_kolaborasi.pdf | 
47D_Evaluasi_Klirens_Etik.pdf | 
47E_Klirens_etik-peningkatan_fitur.pdf

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda